Serunya Liburan Sambil Belajar Sejarah di Bale Panyawangan Diorama Nusantara Purwakarta

Bale Panyawangan Diorama Nusantara Purwakarta.

LINGKAR PENA – Menikmati liburan di Purwakarta, jangan lupa mampir di Bale Panyawangan Diorama Nusantara. Destinasi wisata ini menyajikan beragam literatur sejarah tentang Purwakarta.

Di wisata edukasi ini, pengunjung bisa menyaksikan kisah sejarah Purwakarta dari masa ke masa yang ditampilkan melalui perpaduan arsip, seni hingga teknologi.

Setiap sejarah yang ditampilkan terbagi menjadi sembilan segmen. Masing-masing dikemas apik dalam satu ruangan khusus yang merangkum peristiwa dengan sangat jelas.

Ada Bale Prabu Maharaja Linggabhuwana, yang menyajikan Sejarah Tatar Sunda dan secara keseluruhan masa kerajaan Sunda terutama yang menyangkut Purwakarta.

Baca juga:  283 Warga Binaan Lapas Kelas IIB Purwakarta Dapat Remisi Khusus Idul Fitri 2024

Lalu Bale Prabu Niskala Wastukancana, merupakan hall of fame yang menampilkan sosok para pemimpin Purwakarta, dari masa ke masa hingga kini.

Bale Prabu Dewaniskala, yang menggambarkan Purwakarta pada masa pengaruh Mataram, VOC dan Hindia Belanda dalam rentang waktu tahun 1620-1799.

Selanjutnya Bale Prabu Ningratwangi, menyajikan Purwakarta pada masa Hindia Belanda tahun 1800-1942.

Bale Prabu Jayaningrat, menampilkan gambaran Purwakarta pada masa pergerakan nasional dan masa pendudukan Jepang.

Baca juga:  Tarikannya Bikin Ketagihan, Ini Trend Galatama Ikan Lele

Kemudian Bale Prabu Ratudewata, menyajikan keadaan Purwakarta pada masa kemerdekaan 1945-1950, dimulai dengan Peristiwa Rengasdengklok, dan pada zaman Demokrasi Liberal tahun 1950-1959.

Selanjutnya Bale Prabu Nilakendra, menampilkan Purwakarta pada masa Demokrasi Terpimpin 1959-1967.

Bale Prabu Surawisesa, menyajikan Purwakarta pada masa pemerintahan 1968-1998, serta Era Reformasi 1998 hingga sekarang.

Dan yang terakhir Bale Ki Pamanah Rasa, menyajikan gambaran ‘Digjaya Purwakarta Istimewa’ pada tahun 2008-2018.

Adapun nama Bale Panyawangan sendiri memiliki makna sebuah penerawangan atau kembali pada perjalanan masa lalu. Sehingga ketika berada di tempat tersebut, semua pengunjung dapat berada di masa itu yang digambarkan dalam arsip Bale Panyawangan.

Baca juga:  Seluruh Jalur Mudik Sudah Dipasangi Lampu Penerangan

Bale Panyawangan Diorama Nusantara dibangun pada tahun 2015 lalu dan menjadi salah satu destinasi yang kerap dikunjungi wisatwan.

Wisata edukasi ini menjadi salah satu unggulan destinasi wisata di Purwakarta. Berlokasi di Jl K.K Singawinata, Nagri Tengah. Letaknya cukup strategis, berada di pusat kota sangat dekat dengan stasiun Purwakarta.

Pos terkait