Warga Kota Sukabumi saat merayakan Haul Tuan Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani. | Foto: Istimewa

Warga Kota Sukabumi Rayakan Haul Tuan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani

KOTA SUKABUMI RELIGI

LINGKARPENA.ID – Warga masyarakat Kota Sukabumi serempak merayakan haul hari kelahiran Tuan Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani, Rabu malam Kamis 24 Nopember 2021. Perayaan Haul terlihat gebyar di beberapa daerah khusus yang ada di Kota Sukabumi.

Seperti masyarakat ke RWan 10 Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu. Warga masyarakat antusias dengan berbagai hiasan dan ragam makanan dalam gelaran perayaan Haul Tuan Syekh Abdul Qodir Jaelani tersebut.

Baca juga:  Jelang Maulid Nabi, Unit Reskrim Polsek Cibadak Gelar Operasi Miras

Kegiatan tersebut merupakan ucapan rasa syukur dan kecintaan terhadap cucu Baginda Rasulullah Muhammad SAW itu. Peringatan haul rutin dilaksanakan setiap tahun oleh warga masyarakat Cikundul. Pelaksanaan dipusatkan di Masjid Jami Asy’aaduss Sa’aadah RW 10 Kelurahan Cikundul.

“Kegiatan ini salah satu kecintaan masyarakat RW 10 terhadap seorang yang mendapatkan julukan Waliyullah itu,” ucap Ketua RW 10 Kelurahan Cikundul, Asep Saepul Rahmat kepada lingkarpena.id disela-sela kegiatanya.

Baca juga:  Dalam Hitungan Jam, Polisi Tangkap Geng Motor Tersangka Pembacok Santri di Warudoyong

Dikatakan Asep, antusiasme warga masyarakat dalam perayaan ini selalu terlihat gebyar. Kegiatan diisi dengan Shalawat, Tawasul, Manaqib serta Dzikir bersama. Selain warga setempat juga beberapa jemaah dari luar Cikundul yang turut serta dalam kegiatan itu.

“Ya, tujuan dari kegiatan ini intinya mengagungkan beliau sebagai Waliyullah dan menjadi panutan khusus bagi kaum muslim di ke RWan 10 ini. Diharapkan dari kegiatan ini mendapat keberkahan,” terangnya.

Baca juga:  Polres dan Pokdar Sinergitas Edukasi Prokes Covid-19 di Kota Sukabumi

Mengenal sekilas sosok waliyullah Tuan Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani. Ia merupakan seorang Waliyullah asal warga Provinsi Gilan, Iran. Beliau lahir dari pasangan Abu Salih dan Umy Khair Fatima, pada tanggal 23 Maret 1078 dan beliau wafat pada tanggal 21 Februari 1166 di Bagdad, Irak.

 

Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan