Kaposko darurat bencana pergerakan tanah Pelda Endang saat melakukan rapat koordinasi, Minggu (24/10) pagi. [Foto: Ram]

Danposramil Purabaya di Daulat Kaposko Tanggap Darurat Bencana

PERISTIWA

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Pelda Endang Suherman Komandan Pos Koramil Purabaya, jabat Kepala Posko tanggap darurat bencana pergerakan tanah di Kecamatan Purabaya. Pembantu Letnan Dua itu dikukuhkan pada Minggu (24/10/2021).

Bencana pergerakan tanah di Kampung Cigulusur RT 01/ 01 Desa Margaluyu Kecamatan Purabaya ditetapkan tanggap darurat bencana beberapa hari lalu. Pelaksanaan Pos penanggulangan telah didirikan Komando Kebencanaan dimana sebagai Kepala Posko Bencana adalah Pelda Endang Suherman yang sekaligus menjabat Danposramil Purabaya.

Baca juga:  Banjir Bandang: Dua Desa Terisolir di Sukabumi Akibat Jembatan Pelangi Putus, Petani Rugi Jutaan Rupiah

Dalam keterangannya, pentingnya manajemen Posko Kebencanaan dalam penanganan bencana di wilayah seperti saat ini. Manajemen akan memudahkan penanggulangan kepada korban bencana dari aspek kesehatan, trauma healing, bahkan sampai ketersediaan bahan makanan bagi para pengungsi.

Baca juga:
Sekda Kabupaten Sukabumi Tinjau dan Berikan Bantuan Korban Bencana Pergeseran Tanah di Purabaya

“Posko bencana berfungsi mengatur berbagai hal tentang bencana. Mulai dari asesmen data, hingga ketersediaan logistik,” terang Pelda Endang.

Baca juga:  Muspika Purabaya Gelar Silaturahmi dengan Media dan Ormas

Dijelaskan beliau, tugas fungsi di dalam Pos Komando (Posko) tanggap darurat yang didirikan adalah membuat rencana operasi. Selain itu, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengendalikan penanganan bencana pergerakan tanah.

“Di Pos Komando ini lah dimana manajemen membuat rencana operasi. Mulai dari mengorganisasikan, melaksanakan dan mengendalikan penanganan bencana pergerakan tanah yang terjadi di Purabaya,” jelasnya.

Baca juga:
Anggota DPRD Fraksi PKS Kabupaten Sukabumi Tinjau dan Salurkan Bantuan Korban Pergeseran Tanah di Purabaya

Pelda Endang menambahkan, melaksanakan komando dalam melakukan pengendalian untuk pengerahan sumber daya manusia, peralatan, logistik, dan penyelamatan serta berwenang memerintahkan. Para pejabat yang mewakili instansi maupun lembaga desa serta organisasi yang terkait dalam memfasilitasi aksesibilitas pergerakan tanah dalam penanganan bencana.

Baca juga:  Tanah Amblas di Sagaranten Sukabumi, Satu Rumah Ambruk 3 Terancam

“Saya melaksanakan komando dan pengendalian untuk pengerahan sumber daya manusia, peralatan, logistik, dan penyelamatan warga terdampak bencana itu,” tambahnya.

 

Reporter: Ram
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan