Kunci Produktivitas Pangan, Wabup: P3A Mitra Strategis Pemerintah

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri membuka Bimbingan Teknis Penguatan Perkumpulan Petani Pemakai Air( P3A) Kab Sukabumi di salah satu kawasan di Kecamatan Sukabumi, Selasa (22/3/2022). |Foto: Itimewa

LINGKARPENA.ID – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri membuka Bimbingan Teknis Penguatan Perkumpulan Petani Pemakai Air ( P3A ) Kabupaten Sukabumi yang digelar di Kecamatan Sukabumi, Selasa, (22/03/2022).

Bimtek yang diikuti oleh 156 orang Mitra Cai, se-Kababupaten Sukabumi turut dihadiri Kepala Dinas PU Asep Japar. Bimtek dilakukan guna meningkatkan kualitas pengaturan irigasi supaya lebih baik.

Baca juga:  Rumah di Cikidang Sukabumi Hangus Terbakar, Saat Pemilik Antarkan Mertua

Menurut Wabup, Pemerintah Kababupaten Sukabumi menyambut baik upaya meningkatkan kualitas kerja petugas operasi dan pemelihara irigasi dikalangan P3A yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Melalui bimtek ini diharapkan peserta memahami tentang peran dan tanggung jawab P3A dalam pengelolaan jaringan irigasi terutama memahami pembagian peran serta dalam pengelolaan irigasi antara pemerintah dan masyarakat,” jelasnya.

Baca juga:  47 Camat Ikuti Bimtek, Wabup: Mindset Harus Maju Bijaksana dan Kompetensi

Lanjut Wabup, penyediaan air irigasi bagi tanaman menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan, terjaminnya penyediaan air irigasi bisa diupayakan melalui peran aktip P3A. Dimana petani diberi wewenang dan tanggung jawab pemeliharaan ditingkat usaha tani.

“Sebagaimana diatur dalam UU no 7 Tahun 2004 tepatnya pada pasal 41 yaitu; Pemerintah berwenang dan bertanggung jawab mengembangkan irigasi Sekunder dan Primer. Selanjutnya untuk pengembangan irigasi tersier menjadi hak dan tanggung jawab P3,” terangnya.

Pos terkait