LINGKARPENA.ID | Mobile Customer Service (MCS) adalah satu dari sekian inovasi pelayanan BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dengan para petugas BPJS Kesehatan yang langsung mendatangi peserta dan masyarakat ke lokasi.
“BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, tidak hanya di kantor cabang tetapi juga jemput bola melalui MCS untuk menjangkau masyarakat. Harapannya, melalui MCS ini kendala-kendala yang dihadapi oleh masyarakat untuk mengurus administrasi dapat teratasi,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Sukabumi, Suyatni kepada awak media kemarin.
Kabupaten Sukabumi yang memiliki wilayah terluas kedua di Pulau Jawa ini memiliki penduduk yang tersebar di wilayah-wilayah dengan jarak tempuh dari satu kecamatan ke kecamatan yang lain cukup memakan waktu. Maka dari itu pelayanan MCS diharapkan bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pengurusan administrasi BPJS Kesehatan.
Adapun pelayanan yang didapat masayarakat melalui MCS ini sama dengan pelayanan di kantor cabang, mulai dari pendaftaran peserta baru, memperbarui data kepesertaan, pencetakan kartu, pemberian informasi seputar Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Para petugas BPJS Kesehatan yang hadir di MCS juga tidak lupa mengenalkan masyarakat pada kemudahan pelayanan JKN melalui aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 165.
“MCS yang dilakukan kami lakukan menarik minat masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang mereka butuhkan, karena dapat diakses tanpa harus menempuh perjalanan jauh untuk mengurus JKN. Dan bagi kami tentunya MCS ini adalah kesempatan yang baik untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” ungkap Suyatni.
Di sisi lain, salah seorang warga Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi, Krisna Hermawan (59) yang datang ke MCS mengaku puas dengan layanan yang sudah diberikan. Krisna sangat bersyukur ada petugas BPJS Kesehatan melalui MCS ini datang langsung ke masyarakat.
“Masih ada masyarakat yang awam dengan Program JKN. Alhamdulillah dengan adanya MCS ini masyarakat termasuk saya sangat terbantu. Semoga layanan MCS ini terus berlanjut dan semakin banyak lagi masyarakat yang lebih tahu tentang Program JKN,” kata Krisna.**