Petugas P2BK dan unsur muspika saat meninjau lokasi bencana di Desa Palasari Hilir, Kamis (28/10). [Foto: Ist]

Banjir dan Longsor Ancam Tiga Rumah di Parungkuda Sukabumi

PERISTIWA

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Banjir dan longsor mengancam tiga rumah warga di Kampung Palasari RT 01/01 Desa Palasari Hilir Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/10).

Peristiwa banjir diakibatkan curah hujan tinggi di wilayah tersebut. Bencana banjir terjadi sekitar pukul 17:00 Wib. Banjir menggerus pinggiran sungai dan mengancam tiga rumah warga.

Baca juga:
Banjir di Tegalbuleud Seorang Guru SD Gagal Mengajar? Pemerintah Diminta Carikan Solusi

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Parungkuda Iwan Darmawan segera melakukan koordinasi. Pihaknya bersama unsur muspika dan tim relawan langsung melakukan asesmen ke lokasi tersebut.

“Hujan tadi cukup besar, mulai pukul 13:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB sore. Akibatnya air sungai meluap dan menggerus bantaran yang dihuni beberapa rumah warga,” ucap Iwan, seperti yang dilaporkan Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, kepada awak media Kamis, sore.

Baca juga:  Rumah Nenek 72 Tahun di Warungkiara Sukabumi, Ludes Terbakar Tanpa Sisa
Baca juga:
Dinding Rumah Jebol Tertimpa Longsor di Sukaraja, Empat Jiwa Diungsikan

Dikatakan Iwan, tiga rumah yang berada dekat sungai bagian depan sudah tergerus air sungai. Bahkan sebagian rumah warga terendam air sungai yang meluap ke pemukiman warga di sekitar bantaran sungai itu.

“Dikhawatirkan ada banjir susulan mengingat cuaca masih ekstrem. Warga sudah dihimbau agar selalu waspada, terutama ke tiga rumah yang mengalami gerusan air bagian depannya. Upaya yang dilakukan sementara mengingatkan warga sekitar,” ujar Iwan.

Baca juga:  Lagi, Kebakaran di Kota Sukabumi Damkar Terjunkan Tiga Unit Pemadam

 

Redaksi: Lingkarpena.id
Sumber: Pusdalops bpbd

1 thought on “Banjir dan Longsor Ancam Tiga Rumah di Parungkuda Sukabumi

Tinggalkan Balasan